Teori Manajemen Mood

https://sindunesia.com

Dilansir dari https://sindunesia.com Teori Manajemen Mood menurut Zillmann, adalah konsumsi pesan dan informasi media sesuai dengan suasana hati individu.

Teori ini juga berhipotesis bahwa keadaan pikiran seseorang menggunakan pengaruh media dan pilihan yang tersedia untuk mengoptimalkan suasana hati.

Ada juga sejumlah kesimpulan teoretis yang menyarankan dan mendukung paparan konten media selektif yang mempengaruhi hasilnya.

Sejarah & Dasar Manajemen Mood

Awal dari Teori Manajemen Mood dapat ditelusuri kembali dalam esai Leon Festinger tentang Teori Disonansi Kognitif.

Dalam teori itu, disebutkan bahwa manusia mencoba menjalin komunikasi dengan orang lain yang memiliki sikap, keterampilan, kepercayaan, pengetahuan dll.

Jika semua kepentingan diri dan karakteristik pribadi tidak cocok ada perselisihan / disonansi. Untuk menghindari perselisihan yang lengkap dalam proses komunikasi, manusia menggunakan paparan selektif di mana ia menunjukkan lebih banyak hal yang cocok dengan minat dan menghindari informasi apa pun yang menyebabkan gangguan.

Mengambil isyarat dari Festinger, Zillmann dan Bryant membandingkan gagasan individu dalam memilih konten media yang meningkatkan kondisi pikiran seseorang.

Pandangan ini awalnya disebut mempengaruhi pengaturan stimulus dependen yang kemudian berganti nama menjadi teori Manajemen Mood.

Usulan Zillmann dan Bryant tentang teori manajemen suasana hati berarti mengatasi keadaan suasana hati dengan berbagai suasana hati yang hidup dan luas yang tersedia di media seperti berita, majalah, radio, TV, internet, ponsel, film dan drama yang sarat dengan banyak emosi dari komedi, romansa, aksi, tragedi, olahraga, spiritual dll.

Asumsi

Asumsi dasar pengembangan teori ini adalah tentang bagaimana individu bekerja sendiri untuk memotivasi dari suasana hati yang negatif. Dan analisis tentang bagaimana dan apa yang ada untuk memenuhi tujuan peningkatan mood.

 Apa yang bisa dilakukan untuk mempertahankan suasana hati yang bahagia dan bagaimana menurunkan suasana hati yang tidak menyenangkan?

Penerapan Teori Manajemen Mood

Mengubah suasana hati juga berarti perubahan kecepatan. Ada dua cara untuk mengubah suasana hati seseorang dan tempo metode tradisional dan yang lainnya menjadi metode modern.

Metode tradisional adalah di mana seseorang melakukan upaya penuh untuk mengangkat atau mengalihkan perhatian mereka dengan melakukan kegiatan fisik seperti berjalan-jalan / hiking, mendirikan kemah, berolahraga sampai lelah, bertunangan dengan hobi seperti berkebun, merawat hewan peliharaan, dll.

Metode modern adalah cara hidup saat ini di mana ada banyak informasi media dan hiburan tersedia di setiap jalan kehidupan. Dari TV, film, Netflix, game, musik, grooving hingga dance dll., Setiap orang dapat memilih apa yang paling disukai mereka.

Hal ini dibuktikan dalam berbagai makalah penelitian tentang bagaimana media merangsang lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan hedonis.

Seleksi awal yang terjadi secara acak selama meniadakan suasana hati yang buruk dan ketika itu berhasil terjadi, ada kemungkinan bahwa hal yang sama dapat menangani situasi di masa depan.

Eksposur lebih jauh pada hiburan yang merangsang suasana hati dapat meminimalkan kemungkinan jatuh ke keadaan negatif. Suasana hati yang positif diperkuat, dalam benak individu membuatnya lebih baik untuk keseluruhan kinerja dan pendekatan dalam kegiatan sehari-hari.

Juga diasumsikan bahwa individu tersebut tidak sadar perlu ingin termotivasi tetapi melakukan seleksi berdasarkan intuisi dan dengan demikian paparan media selektif.

Hal ini juga dibuktikan dalam berbagai penelitian bahwa suasana hati yang dirangsang dapat bervariasi atau berubah sesuai dengan preferensi media.

Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa suasana hati dapat diubah secara acak dari dengan meniadakan pola pikir positif menjadi suasana hati yang sakit atau sedih.

Beberapa peneliti juga mengatakan bahwa individu memilih genre yang preferensi konten suasana hati khusus karena mereka menyadari apa yang membuat mereka merasa lebih baik.

Kategori Suasana Hati

Zillmann dan Bryant secara jelas membagi manajemen suasana hati menjadi 4 kategori:

Potensi Bersemangat

Kategori pertama didasarkan pada tingkat gairah individu berdasarkan media. Stimulasi bisa berupa apa saja dari jalan virtual yang menenangkan dalam film atau konten web yang mengurangi gairah.

Konten media kemarahan dan kegembiraan saat menonton aksi kekerasan atau tepi kursi narasi cerita atau konten erotis seperti pornografi, darah kental dll akan merangsang dan meningkatkan gairah.

Potensi Penyerapan

Ini memiliki karakter untuk mengubah suasana hati pesan media dan pengaruh dalam perhatian individu. Pesan-pesan media semacam itu memiliki potensi untuk mengganggu penalaran dan kemampuan kognitif individu.

Misalnya, seseorang dengan suasana hati yang buruk mungkin akan mengganggu konten media yang tersedia sedangkan orang yang suasana hatinya bahagia akan memilih konten yang memiliki potensi rendah untuk mengubah suasana hatinya.

Afinitas Semantik

Jika ada tingkat relativitas yang sama antara individu dan konten media, maka tingkat penyerapannya relatif rendah.

Misalnya, seseorang yang mengalami depresi atau sedih akan mencari konten semantik rendah yang mengganggu peningkatan mood.

Valensi Hedonis

Bagian terakhir dari karakter manajemen suasana hati adalah Hedonic Valence. Di sini individu yang terpapar konten media dapat memiliki valensi baik atau buruk.

Secara sederhana, orang yang bahagia memiliki efek positif pada konten sedangkan orang dengan emosi negatif mengkonsumsi konten media yang positif. Konten meskipun umum dapat dipertahankan sesuai dengan suasana hati individu.

Kesimpulan

Memanfaatkan karakteristik dan pemahaman di atas, dapat disimpulkan bahwa konten media dikonsumsi oleh individu dalam kombinasi karakteristik tertentu. Dengan demikian membantu dalam mencapai tujuan meminimalkan perasaan negatif.

Ini menyimpulkan bahwa individu-individu harus membatasi paparan konten mereka hanya pada tingkat mood mereka dan tidak untuk memilih stimuli mood yang tinggi mengubah konten.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*