Penyakit melanoma atau kanker kulit. Yuk simak

Jenis kanker kulit paling serius dalam artian melanoma. Kondisi tersebut sering kali muncul karena adanya gangguan sel yang memproduksi melanin (pigmen pemberi warna kulit) atau melanosit. Kebanyakan melanoma terlihat seperti tahi lalat baru. Namun, sebagian kasusnya juga berkembang dari tahi lalat yang sudah ada. Melanoma atau kanker kulit tersebut merupakan kondisi yang dimulai dari tahi lalat, menyebar di sekitarnya dan kemudian semakin dalam ke kulit, lalu pembuluh darah, dan kelenjar getah bening, terakhir ke dalam hati, paru-paru, dan tulang.

Pada pria melanoma biasanya lebih sering menyerang dada dan punggung. Sedangkan pada wanita bagian yang paling sering muncul yaitu diarea kaki, leher, dan wajah. Selain itu, melanoma tersebut ternyata juga bisa berkembang di area tersembunyi atau yang sama sekali tidak terpapar sinar matahari. Area tubuh yang dimaksud sepertihalnya ruang di antara jari-jari kaki dan telapak tangan, kulit kepala, hingga alat kelamin.

Area lain yang juga biasanya sering diserang yaitu:

  • Mukosa, sering berkembang di selaput lendir yang melapisi hidung, mulut, kerongkongan, anus, saluran kemih, dan vagina
  • Mata, paling sering terjadi di lapisan bawah selaput putih mata
  • Bawah kuku, bisa juga ditemukan di telapak tangan atau telapak kaki. Lebih sering terjadi pada orang berkulit gelap

Ada beberapa jenis melanoma atau kanker kulit yang dapat kita ketahui, sepertihalnya::

  • Lentigo maligna melanoma

Tipe yang satu ini cenderung lebih jarang terjadi. Biasanya tipe kanker kulit ini menyerang orang yang lebih tua, terutama di bagian tubuh yang paling banyak paparan sinar mataharinya.

  •  Superficial spreading melanoma

Kondisi ini termasuk yang paling umum. Biasanya paling sering muncul pada batang tubuh atau anggota tubuh. Sel-sel kanker cenderung tumbuh di sepanjang permukaan atas kulit selama beberapa waktu sebelum akhirnya mulai tumbuh ke lapisan kulit yang lebih dalam. Umumnya kondisi ini dimulai dengan kemunculan noda pada kulit. Kanker kemudian akan tumbuh perlahan sebelum akhirnya mulai tumbuh ke lapisan kulit yang lebih dalam.

  •  Nodular melanoma

Kondisi ini termasuk tipe paling umum kedua yang paling sering muncul. Jenis kanker kulit yang satu ini umumnya muncul pada batang tubuh, seperti kepala, atau leher.

Tipe yang satu ini cenderung tumbuh lebih cepat daripada jenis-jenis yang lain. Biasanya berwarna hitam, namun bisa juga muncul merah, pink, atau menyerupai warna kulit Anda.

  • Acral lentiginous melanoma

Jenis yang satu ini termasuk paling langka. Umumnya muncul di telapak tangan, telapak kaki, atau di bawah kuku. Biasanya tipe kanker kulit atau melanoma yang satu ini paling sering menyerang orang dengan kulit gelap.Selain itu, kondisi ini tidak ada kaitannya dengan paparan sinar matahari.[1]

“dilansir dari laman Halodoc” Dari segi perubahan dalam ukuran melanoma ternyata dapat dilihat, bentuk atau warna dari tahi lalat atau bintik kulit yang ada. Proses tersebut dapat berlangsung beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan. Melanoma ini biasanya memiliki bentuk yang tidak teratur, bahkan berantakan, dan warna yang tidak merata. Melanoma ini muncul ke atas permukaan kulit sehingga tampak seperti kotoran biasa. Melanoma bisa tumbuh dengan cepat dan bahkan dapat menimbulkan lesi pada area disekitarnya.

Penyebab melanoma belum dapat diketahui secara jelas, karena penyakit tersebut rentan menyerang wanita maupun pria pada usia 30-60 tahun. Namun beberapa faktor yang ikut berperan, yaitu :

Faktor genetik : adanya keluarga primer yang terkena melanoma, tanpa kita sadari dari faktor genetik tersebut meningkatkan risiko terkena penyakit melanoma hingga 200 kali lipat.

  • Melanocytic nevi.
  • Faktor lingkungan (UV).
  • Faktor trauma biologis yang berkepanjangan.
Sumber: Healthdetik.com



[1] Sumber referensi Hellosehat.com

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*