Makanan Khas Betawi Yang Perlu Kita Ketahui

gambar makanan khas betawi

Mayoritas penduduk asli di Jakarta merupakan orang Betawi. Masyarakat Betawi ini sudah dikenal saat Jakarta masih bernama Batavia. Orang-orang Betawi ini memiliki beberapa makanan khas yang cukup menarik untuk dicicipi. Berikut beberapa makanan khas Betawi yang yang patut dicoba saat anda berkunjung ke Jakarta.

1. Kerak Telor

Kerak Telor merupakan makanan legenda khas orang Betawi. Sampai saat ini kita masih bisa menikmati Kerak Telor ini, namun biasanya saat ini kerak telor hanya bisa dijumpai hanya pada saat bazar atau acara-acara tahunan di Jakarta sepert di Pekan Raya Jakarta. Kerak Telor adalah makanan khas Betawi yang terbuat dari telur dan beras ketan. Selain itu, bahan-bahan tambahan lainya ada lada, garam, merica, bawang goreng, serundeng giling, kelapa sangrai yang diberi kunyit dan juga udang kecil yang digoreng kering. kemudian di masak di atas tungku dengan cetakan wajan.

Jika kamu sedang berada di Jakarta, jangan lupa mencicipi jajanan kerak telor ini karena harganya murah dan pasti enak. 

2. Gado-gado  

Gado-gado merupakan salah satu kuliner Betawi yang hingga saat ini sudah dikenal luas hingga ke dunia Internasional. Gado-gado merupakan makanan yang terdiri atas bermacam sayuran yang direbus dan disajikan dengan bumbu kacang. Bisa juga ditambahkan lontong, tahu, irisan timun dan juga bawang goreng. Kuliner khas betawi yang satu ini cukup mudah ditemukan hampir di seluruh kota di Indonesia karena kelezatannya dan banyak masyarakat yang menyukai makanan ini.

Bukan hanya lezat, Gado-gado juga merupakan makanan yang baik untuk kesehatan karena vitamin makanan olahan dari sayuran ini juga baik untuk kesehatan. Siraman sambal kacangnya akan menambah sensasi di lidah orang yang mengkonsumsinya.

3. Soto Betawi

Soto Betawi juga termasuk makanan yang populer di jakarta. Sama seperti soto-soto yang lain, soto betawi juga diolah dengan menggunakan santan dengan campuran daging sapi, kikil, tomat, babat, kentang, dan ditambah dengan organ-organ lain seperti mata, torpedo, dan juga hati. Campuran santan yang ada di dalam makanan tersebut yang menjadikan makanan ini berbeda dengan yang ada di daerah lainnya. 

Masakan Betawi dihidangkan dengan nasi putih yang hangat dan cocok untuk dijadikan menu makan siang. Kuah kental dari Soto Betawi ini, membuat makanan itu semakin terasa nikmat di lidah.

5. Roti Buaya

Roti Buaya merupakan kue khas Betawi yang terbuat dari roti dan berbentuk buaya. Roti Buaya ini biasanya dibawa untuk melakukan acara lamaran atau pernikahan. Karena menurut orang Betawi, hewan Buaya adalah salah satu hewan yang setia. Sehingga Roti Buaya juga bisa dilambangkan sebagai lambang kesetian. Tapi saat ini di Jakarta terdapat banyak toko roti khusus yang menyediakan kue Roti Buaya untuk dikonsumsi oleh masyarakat walaupun selain untuk acara lamaran ataupun pernikahan.

6. Dodol Betawi

Dodol Betawi ini memiliki warna hitam kecoklatan. Varian rasa dodol betawi lebih sedikit dibandingkan dengan yang ada di daerah lainnya.

Makanan tradisional Betawi ini hanya memiliki beberapa jenis rasa, yaitu ketan putih, ketan hitam, serta durian. Dodol tersebut sangat lezat untuk dinikmati dan dihidangkan bersama segelas teh di waktu siang atau sore hari.

Makanan ini berbahan ketan, gula merah, gula pasir, serta santan. Kemudian, dimasak diatas tungku dengan kayu bakar. Rasanya yang nikmat dan lezat sudah tidak perlu dipertanyakan lagi karena hingga sekarang ini masih banyak penikmatnya.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*