Induk Organisasi Bulu Tangkis

Badminton adalah olahraga yang agak bergengsi di dunia. Tidak heran beberapa negara memiliki organisasi pengembangan bulu tangkis. Ini adalah organisasi induk dari Dunia Bulu Tangkis, dan Indonesia khususnya:

  • Organisasi Badminton Dunia
    Sejarah bulutangkis modern tidak dapat dipisahkan dari organisasi bulutangkis, seperti IBF. International Badminton Association (IBF) didirikan pada tahun 1934. Pada waktu itu 9 negara adalah pelopor organisasi ini. Negara-negara ini adalah Inggris, Irlandia, Skotlandia, Wales, Denmark, Belanda, Kanada, Selandia Baru dan Prancis.

Organisasi ini tumbuh dengan mengadakan kejuaraan bergengsi. Bukan hanya itu, tetapi anggota organisasi ini terus tumbuh, membawa jumlah anggota ke 186 negara. IBF memiliki 5 tingkat manajemen, mulai dari Dewan Eksekutif, Dewan BWF, Komite BWF, Komite BWF dan Tim Manajemen.

  • Organisasi Bulutangkis Indonesia
    Organisasi bulutangkis pertama yang didirikan di Indonesia adalah PORI (Federasi Olahraga Indonesia) pada 20 Januari 194. Namun pada tahun 1951, organisasi ini berganti nama menjadi PBSI (All Indonesia Badminton Association).

PBSI sendiri adalah manajemen organisasi bulutangkis di tingkat pusat. Kemudian di bawahnya ada departemen lain, Pengda (Administrasi Provinsi) yang merupakan administrasi tingkat provinsi dan pengcab (administrasi cabang) di provinsi atau kota. PBSI sendiri sudah menjadi anggota IBF dan merupakan organisasi kelas dunia.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*