Candi Ijo Yogyakarta, Aktivitas, Akses, Harga Tiket

Jika Anda mengunjungi Yogyakarta, terutama mengunjungi situs bersejarah seperti Kuil Ijo dapat menjadi pilihan. Anda mungkin akrab dengan candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko. Bahkan, masih banyak situs bersejarah candi yang belum terekspos atau dikenal luas meski memiliki potensi wisata yang juga cukup menarik. Candi ini terletak di ketinggian 375 meter di atas permukaan laut, Candi Ijo adalah candi tertinggi di Yogyakarta. Dari ketinggian itu, Anda bisa membayangkan keindahan bukit dan panorama matahari terbit atau terbenam.

Disebut Kuil Ijo karena candi yang dibangun pada abad ke-9 ini dibangun di atas bukit yang dikenal sebagai Gumuk Ijo. Penyebutan pertama nama desa Ijo disebutkan dalam prasasti Poh yang berasal dari tahun 906 Masehi. Prasasti itu ditulis pada seseorang di upacara yang datang dari desa Green Wuang. Jika benar, maka nama Ijo berusia setidaknya 1.100 tahun sampai 2006. Kompleks Kuil Ijo adalah kompleks bertingkat tepat di sisi timur dengan bagian belakang sebagai pusat bangunan candi.

Baca juga : Travel Semarang Pati

Teras pertama adalah teras dengan teras yang membentang dari barat ke timur. Sedangkan bangunan di teras tertinggi adalah pagar dan delapan pasak. Di teras ini, candi utama juga berdiri dengan tiga candi pelengkap. Di candi utama ada kabin dengan Lingga Yoni yang melambangkan Dewa Siwa menyatu dengan Dewi Parwati. Saat berada di teater, pengunjung dapat melihat patung-patung yang dikatakan sebagai kendaraan Dewa Siwa dan meja-meja batu (padmasana). Berbagai bentuk seni juga ditemukan di kompleks candi. Salah satunya adalah ukiran ketika makara dengan motif kepala ganda dan beberapa atributnya.

Akses ke Candi Ijo

Lokasi 28 km sebelah timur kota Yogyakarta. Pengunjung dapat mengambil rute ke Candi Prambanan dengan rute bus Transjogja. Dari candi Prambanan, gunakan ojek atau taksi menuju selatan. Arah menuju ke kuil Ijo ada di jalan yang menghubungkan kota Yogyakarta dan kota Piyungan. Setelah berjalan sekitar 15 menit, Anda akan melihat tanda dengan arah ke Kuil Ijo, kemudian Anda akan dibawa ke Kompleks Kuil Ijo yang terletak di Bukit Ijo.

Harga Tiket Masuk ke Candi Ijo

Wisatawan yang datang ke Candi Ijo untuk saat ini hanya perlu menyelesaikan buku tamu tanpa dikenakan biaya, tetapi rencananya adalah Pemerintah Kabupaten Sleman untuk segera menarik biaya ke tempat ini.

Baca juga : Sewa Bus Semarang

Aktivitas di Candi Ijo

  • Nikmati matahari terbit dan terbenam

Menikmati pesona matahari terbit dan terbenam sangat menyenangkan. Keindahannya dapat memanjakan mata kita dan bagi mereka yang suka mengambil foto itu akan menjadi objek fotografi yang luar biasa. Dan bagi wisatawan yang mencari tempat untuk berburu matahari terbit dan terbenam, disarankan untuk mengunjungi Kuil Ijo pada waktu itu.

  • Mempelajari sejarah dan budaya

Pembangunan Candi Ijo tidak terlepas dari sejarah dan budaya Indonesia. Salah satu peninggalan dunia, candi harus dilestarikan. Terutama, berbagi ilmu dengan anak-anak dan cucu tentang sejarah kerajaan masa lalu di Indonesia.

Oleh karena itu, artikel tentang candi Ijo, semoga artikel ini dapat membantu Anda ketika Anda pergi berlibur ke kota Jogja dan ingin mengunjungi beberapa situs bersejarah seperti candi, terutama Candi Ijo. Itu saja dan terima kasih.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*