Berjenis-jenis Jenis Bunga Mawar untuk Menambah Pengetahuanmu

Mawar adalah salah satu tanaman hias yang populer di khalayak ramai. Sedangkan begitu, tak seluruh orang dapat menyebutkan macam-macam bunga mawar. Kebanyakan mungkin akan menjawab mawar merah walaupun masih ada banyak macam kembang mawar lainnya yang tidah kalah menawan.

Kamu penyuka bunga mawar tapi tak tahu apa saja macam-jenisnya? Tenang saja, kau akan mengetahuinya setelah membaca tulisan ini. Di sini, kau akan diberi berita mengenai macam-macam bunga mawar yang ada di dunia.

Mawar sudah banyak dibudidayakan dengan bermacam metode. Baik dengan metode yang simpel seperti setek ataupun yang kompleks seperti perkawinan silang. Tidak heran jika macam tanaman ini kian bertambah banyak seiring dengan kemajuan teknologi.

Banyak sekali macam bunga mawar yang ditemukan di dunia. Namun, ada beberapa yang mungkin belum pernah kau lihat. Kamu dapat membacanya pada daftar berikut ini:

Mawar Musk

Mempunyai nama ilmiah Rosa moschata, tanaman ini adalah mawar yang sudah lama dibudidayakan dari abad ke-16. Tanaman ini dapat merambat sampai panjangnya menempuh 3-10 meter. Biasanya, bunganya akan mekar pada akhir musim semi sampai musim gugur.

Mawar Musk mempunyai rambut di sekitar biji di bawah daging buah. Rambut-rambut ini dapat menyebabkan iritasi jika terkena kulit dan masalah saluran pencernaan jika dimakan.

Bunga yang sudah mekar umumnya mengeluarkan bau musk yang kuat dan dapat dicium dari kejauhan. Maka dari itu, kembang ini juga diciptakan sebagai bahan untuk membuat parfum.

Mawar Kubis

Tanaman yang mempunyai nama ilmiah Rosa centifolia ini adalah mawar hibrida yang dioptimalkan oleh pembudidaya mawar Belanda dari abad ke-17. Kembang ini dikenal dengan bebauannya yang kuat dan mahkota bunga berukuran besar. Bentuk mahkotanya yang bertumpuk seperti kubis membuat tanaman ini dikenal sebagai mawar kubis.

Sedangkan tanaman ini mempunyai kembang yang menawan, perawatannya tergolong kompleks ketimbang mawar umumnya. Mawar kubis tak dapat tumbuh di sembarang tempat serta mudah terserang penyakit dan hama.

Namun, selama diberi perawatan yang pas, Centifolia sebenarnya dapat tumbuh sebagai tanaman pagar. Dengan prasyarat ada benda yang dapat diciptakan sebagai penopangnya. Bunga akan mekar pada tiap musim semi atau musim panas.

Mawar Eden

Tanaman yang juga dikenal sebagai Pierre de Ronsard ini diciptakan oleh Marie-Louise Meilland. Mawar Eden pertama disajikan kepada publik dalam kancah Meilland International pada tahun 1985 di Prancis. Nama tanaman ini terinspirasi dari seorang penyair pada era Renaisans, Pierre de Ronsard, sekalian merujuk pada syair populer ciptaannya dengan judul Mignonne, allons voir si la rose.

Tanaman ini dapat tumbuh di tanah dengan kandungan air dan cahaya matahari yang cukup. Tinggi mawar Eden dapat menempuh 180-330 cm. Kembangnya mempunyai diameter sebesar 10 cm dan mahkota bunganya dapat berjumlah sebanyak 70 helai. Kembang ini umumnya mekar dikala akhir musim semi sampai akhir musim panas.

Tahun 2006, kembang ini masuk dalam Hall of Fame of the World Federation of Rose Societies sebab keindahannya. Bahkan bunga ini juga dijuluki sebagai World’s Favourite Rose pada tahun yang sama.

Mawar Sunsprite

Diciptakan oleh Reimer Kordes dan disajikan pertama kali pada tahun 1973, tanaman ini juga dikenal sebagai Friesia dan KORresia. Friesia sendiri diambil dari nama tempat asal sang pencipta, adalah Friesland.

Sementara KORresia adalah kode nama berdasarkan nama penciptanya, Kordes. Kembang ini adalah salah satu dari sekian bunga mawar pertama yang penamaannya memakai singkatan dari nama penciptanya.

Tanaman ini dapat tumbuh menempuh ketinggian 40-75 cm dan tak mudah terserang hama dan penyakit. Kembang yang diciptakan mempunyai diameter sebesar 8 cm dan mempunyai bebauan yang kuat. Biasanya, bunga akan mekar pada bulan Juni sampai September.

Sunsprite adalah mawar floribunda pertama yang sukses mendapatkan Gamble Award for Fragrance pada tahun 1979. Kecuali itu, Sunsprite juga dianugerahi penghargaan-penghargaan lainnya, seperti Baden-Baden Gold Medal 1972, James Mason Memorial Medal 1989, dan RNRS Gold Medal 1989.

Mawar Double Delight

Bunga ini adalah hasil perkawinan silang dari kultivar hybrid tea Granada dan Garden Party. Double Delight pertama kali diciptakan oleh Swim & Ellis dan dipamerkan ke depan publik pada tahun 1977.

Tanaman ini tumbuh di tanah dengan situasi yang lembap dan sedikit asam. Tingginya dapat menempuh 90-150 cm. Mahkota kembang mempunyai diameter sebesar 10 cm dan bunga petalnya berjumlah sampai 30 helai. Wewangian kembangnya adalah perpaduan bau buah jeruk dan pedas.

Warna bunga ini bertumpu kepada seberapa banyak cahaya matahari yang didapatkan. Kian banyak cahaya matahari, warna putih akan berubah menjadi merah diawali dari pinggiran mahkota. Maka dari itu, jika Double Delight ditaruh dalam rumah kaca, perubahan warna mahkotanya tak akan terjadi sebab adanya kaca penyaring cahaya UV.

nah itulah penjelasan mengenai macam bunga mawar yang dapat anda ketahui, semoga dapat berkhasiat dan memberkan wawasan yang lebih luas.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*