7 Tradisi Unik Di Indonesia

Hasil gambar untuk tradisi unik di indonesia

Anda tentu sudah tahu bahwa Indonesia adalah negara kepulauan dengan banyak ras, etnis dan kepercayaan.

Maka tidak salah jika dari barat ke ujung timur Indonesia terdapat berbagai tradisi unik yang berbeda – beda setiap daerah.

Tradisi-tradisi ini masih dilestarikan hingga hari ini, sehingga Anda masih dapat melihat bagaimana tradisi-tradisi ini hidup berdampingan dengan masyarakat.

Tradisi dan adat istiadat ini tentu membuat kami bangga dengan orang Indonesia karena hanya dapat ditemukan di rumah kami.

Saya bertanya-tanya tradisi unik apa yang membuat Indonesia berbeda dari yang lain? Ayo baca segera!

1. Ritual Tiwi – Kalimantan Tengah

Di Kalimantan Tengah ada tradisi khusus yang diterapkan untuk orang yang sudah lama meninggal.

Upacara Tiwah biasanya dilakukan oleh suku Dayak untuk mengirimkan tulang-tulang orang yang meninggal ke sebuah rumah bernama Sandung.

Ritual ini bertujuan untuk meluruskan perjalanan jiwa ke Lewu Tatau atau Surga. Selain ritual unik ini, mereka juga bertujuan untuk melepaskan nasib buruk keluarga yang ditinggalkan.

2. Jari Potong Imitasi – Papua

Tradisi yang agak ekstrem ini telah ditinggalkan oleh banyak orang Danny. Guntingan jari adalah tradisi untuk menunjukkan kesedihan karena anggota keluarga telah meninggalkannya.

Bagi Danny, jari-jari memiliki makna yang lebih dalam, dilambangkan sebagai bentuk harmoni, persatuan dan kekuatan pada manusia atau keluarga.

3. Gigi Berduri Mentawai – Kalimantan

Untuk suku Mintawai, wanita cantik harus memenuhi tiga kriteria. Pertama, telinganya panjang. Kedua, tubuh dihiasi dengan titi atau tato. Ketiga, gigi tajam.

Dipercayai bahwa tradisi mengasah gigi ini meningkatkan kecantikan wanita.

4- Kibo Kibuan – Banyuwangi

Ritual ini, yang diadakan setahun sekali, selalu diadakan setiap 10 soro atau 10 Muharram di desa Asmalang, Singogoro, Banyuwangi.

Upacara ini mengharuskan banyak pria untuk mengenakan pakaian kerbau dan berkorban untuk membajak ladang.

Setelah membajak ladang, kibbutzim ini ditampilkan di sekitar desa disertai dengan karnaval seni rakyat. Ritual keboan ini bertujuan untuk mencari hujan selama musim kemarau.

5. Tradisi bertarung Betis – Sulawesi Selatan

Di Indonesia, di mana kebanyakan orang adalah petani, mereka memiliki banyak tradisi untuk bersyukur atas panen.

Salah satunya di Dusun Paruto, Desa Sanico, Baribo, Bonn, Sulawesi Selatan, yang memiliki tradisi adu betis. Unik bukan? Tradisi ini diterapkan melalui permainan Malanca.

Poin penting adalah bahwa kaum muda harus mengerahkan kekuatan mereka sehingga mereka dapat mengikuti tradisi anak lembu ini.

6. Tradisi penguburan suku Minahasa – Sulawesi Utara

Suku Minahasa memiliki ritual pemakaman yang unik dan berbeda dari tradisi lainnya.

Suku Mina Al-Hosn menempatkan tubuh untuk duduk sambil memeluk kakinya, bukan dalam posisi tidur. Tradisi pemakaman seperti ini, diyakini, melambangkan negara suci dan membawa kebaikan.

Selain duduk, mayat itu harus menghadap ke utara. Ini karena kisah genetik leluhur Minahasa.

7. Tabuk – Sumatera Barat

Tabuik adalah bahasa Arab yang berarti kata peti mati atau prosesi. Tradisi ini dilakukan oleh orang-orang di pantai barat, barat Sumatera yang terletak di lereng.

Perayaan ini diadakan setiap hari Asyura, yang jatuh pada tanggal sepuluh Muharram. Upacara tradisional ini adalah simbol dan bentuk mengekspresikan kesedihan mendalam dan rasa hormat kepada umat Islam di Pariaman oleh cucu Nabi Muhammad.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*